INFO PENDAFTARAN DIV STPN YOGYAKARTA


n55818765945_2248Rame-rame pada mendaftar masuk ke D4,..liat ajah udah pusing…kaya’ pemilu…calonnya banyak tapi kursi cuma sedikit.
Apa siy yang bikin euphoria anak-anak mantan D1 STPN, untuk berbondong-bondong mendaftarkan diri ke D4?
Yang jelas siy, banyak yang dijanjikan dengan berubahnya status dari D1 ke D4….
Salah satunya siy, meng-upgrade dari gol 2a bisa langsung menjadi 3a.

Trus kenapa mereka memilih STPN?


Nah, itu lain lagi ceritanya..banyak banget faktor yang melatarbelakangi itu semua.
Contohnya niy :
– Gak ada tempat kuliah yang bonafit di tempat dia mengabdikan diri disana.
– Bisa balik ke Jogja….Never ending Asia….tempat yang bikin semua orang ketagihan, untuk balik dan balik lagi ke Jogja.
Cari pasangan….karena STPN tuh, sekulah tinggi perjodohan nasional. Apalagi 4 tahun kuliah disana, wah pasti dunk ada benih-benih cinta yang lama-lama mengembang..dan tentu saja bisa diprediksi ke arah pernikahan..ya gimana enggak?Tidur di asrama…tentu saja setiap hari dan setiap waktu bisa ketemu.Makan di ruang makan asrama…pasti ntar ketemu juga…nah, kuliah jangan-jangan 1 kelas juga? pastinya dunk bakalan tambah lengket ajah kaya’ perangko..pokoknya niy, di STPN tuh tempat yang paling menyenangkan untuk menemukan cinta sejati. [tapi kuk saya gak menemukannya ya?]
– Ada peluang untuk bisa pindah ke Jawa, karena selama kuliah kan mungkin tiba-tiba ada yang merit dapat orang jawa, trus kan bisa pindah ikut dinas suami….[tapi kenyataannnya tetap susah, alias tidak segampang itu].
Senang, karena bisa terbebas dari hutan belantara. Hihihi…karena kebanyakan banyak anak-anak D1 yang ditempatin di tempat-tempat terpencil di penjuru nusantara ini.

Logis gak siy alasan itu semua?

Yah, gak mau debat siy….itu semua cuma pendapat saja. Belum tentu juga realitanya sama. Dan semua kan tergantung siapa yang menjalani. Mungkin saja, ada motif-motif yang lain dibalik semua itu.

Sayangnya niy, kemaren saya udah sempat seneng banget liat surat edaran itu. Disitu menerangkan dengan rada blur alias tidak jelas “Melampirkan SK PNS”….deng…..dong….kirain cuma PNS ajah udah bisa ikut, ternyata ada juga point di halaman berikutnya yang menyatakan “Dihitung 2 tahun dari PNS”……..

What………….??????????????????????????

Nah, berikut saya cuplikkan sedikit syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftarkan diri masuk D4:

1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), dengan masa kerja minimal 2 (dua) tahun terhitung sejak yang bersangkutan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

2. Pendidikan :
a. Lulusan Progam Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral dengan IPK minimal 2,50.
b. Lulusan SMU (SMA/MA jurusan IPA/IPS) atau SMK (STM Jurusan Bangunan) dengan nilai rata-rata ijazah 7,00.

3. Usia maksimal 27 tahun pada tanggal 1 Agustus 2009.

4. Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) tahun 2008 bernilai baik untuk setiap unsurnya.

5. Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin setingkat sedang dan berat dalam 2 (dua) tahun terakhir dibuktikan dengan Surat Keterangan dari kantor yang bersangkutan.

6. Berbadan sehat yang dinyatakan dengan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah setempat yang menerangkan :
a. Tidak cacat jasmani.
b. Tidak buta warna.
c. Bebas Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA).

7. Untuk calon peserta perempuan tidak sedang dalam keadaan hamil dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter yang berwenang.

8. Memperoleh Rekomendasi dari Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota dan Kepala Kantor
Wilayah Badan Pertanahan Nasioanal setempat untuk mendaftar.

9. Membuat Surat Perjanjian/Pernyataan sanggup dan bersedia tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan di STPN.

10. Bagi yang lulus seleksi sanggup menandatangani surat perjanjian/pernyataan tugas belajar, yang berisi antara lain :
a. Mentaati peraturan perundang-undangan kepegawaian yang berlaku.
b. Mentaati ketentuan dan tata tertib akademis yang berlaku.
c. Sanggup belajar dengan giat, sehingga dapat lulus dalam waktu atau masa studi yang ditentukan.
d. Setelah lulus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
e. Pegawai Negeri Sipil dari suami/istri Pegawai Tugas Belajar pada STPN, yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, tidak diperkenankan pindah tempat bekerja atau diperbantukan ke lingkungan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi/Kantor Pertanahan Kab/Kota di Yogyakarta
dan sekitarnya.
f. Bagi yang meninggalkan pendidikan atas kemauan sendiri harus mengembalikan biaya
pendidikan sebesar 2 (dua) kali biaya yang dikeluarkan pemerintah selama yang
bersangkutan mengikuti pendidikan.
g. Bersedia menerima sanksi-sanksi pelanggaran terhadap ketentuan/peraturan perundangundangan
Kepegawaian maupun Akademik.


Trus test yang bakal dijalani:

a. Pengetahuan Umum, meliputi :

1) Pancasila, UUD 1945 dan Kebijakan Pemerintah (Nasional);
2) Bahasa Indonesia;
3) Bahasa Inggris;
4) Matematika;
5) Pengetahuan Umum;
6) Pengetahuan Pertanahan;

b. Karya Tulis

c. Wawancara bagi yang telah dinyatakan lulus seleksi tertulis.

Haaaaaaa………..sepertinya sangat melelahkan……
Dan bagi saya…itu masih lama….2 tahun lagi…padahal sekarang ajah mana niy SK saya? status udah PNS tapi SK nya belum juga nyampe…
Fiuuuhhhhhh…………….!!!!!!!

Kaya’nya bakalan lama niy disini….

owya….ada lagi niy…..tanda-tanda kamu berpotensi tidak lolos test D4 STPN:

- Jika kamu ditempatin di kantah yang paling terpencil, trus jumlah pegawai disana kurang dari 25 orang >>> Siap-siap ajah kamu gak bakalan bisa lolos D4, karena tempat kalian masih kurang pegawai. Alias minus pegawai…gak mungkin dunk, kantor ngelepasin kamu? disaat kantor juga butuh tenaga?

- Kantor mulai Difinitive….alias berdiri sendiri…nah, kalo kamu diperbantukan di kantor tersebut…hati-hati ajah tuh, cuz kantor lagi dalam masa preparing for build office….hahahaha….gak mungkin kan, mereka melepas kamu begitu saja?
– Kamu di kantor bekerja di dua bidang sekaligus. Intinya kamu kerjanya “Doble” >>> jadi kesimpulannya, di kantor kamu kurang tenaga, gimana si bos mo ngasih ijin buat kuliah? kalo kamu sendiri malah pegang banyak kerjaan gitu?
– Kamu memegang pekerjaan yang sangat penting, misalnya kamu jadi “Bendahara”, atau “Petugas Ukur” dimana di kantor itu gak ada yang bisa ngerjain tugas itu selain kamu. Nah untuk yang petugas ukur, memang siy banyak juga yang bisa turun ke lapangan untuk ngukur. Tapi kondisinya misalnya di kantor itu cuma ada 5 orang petugas ukur dan masih banyak proyek yang ditangani. Sementara kantor kamu masih membawahi 2 Kantor kabupaten yang lain..>>> hati-hati ajah tuh,..siap-siap ajah kamu bakalan lama keluar dari kantor. Atau option kedua, menunggu back up pegawai yang baru datang lagi. Tapi kan gak mungkin kan ya? musti ngajari lagi dari awal???????????
Kamu anak kesayangan orang kanwil, hihihi…..ada dunk dari kamu, yang jadi anak kesayangan orang di kanwil? so…melepas mu berasa sangat menyakitkan…hehehee…

Tapi gak juga siy, semua kan pasti memang udah ada yang ngatur. So belum tentu juga semuanya itu benar. Mungki ada yang bilang lulus itu harus menerapkan prinsip DUK >>> ” Daftar Urutan Kedekatan”….

Tapi saya pasti membantah dengan keras, karena gak semuanya akan seperti itu. Paling gak, masih ada harapan 1% untuk yang bisa lulus test dengan usaha sendiri.

Memang masih jauh angan ini dari rasa pengen masuk D4, karena sadar..sepertinya susah untuk bisa keluar dari lingkaran setan ini.

Tapi saya yakin kuk…semua pasti ada saatnya. cuma butuh timing yang tepat ajah, agar semua angan dan cita-cita terlaksana.

Bak putri turun dari kereta kuda putihnya dengan “elegan”

Hihihihi………………….

Untuk semuanya…keep fighting and praying ajah….semoga semua harapan terkabul. Untuk saya sendiri…“Berbaktilah kepada ibu pertiwi,sebelum kamu mempertanyakan apa yang menjadi hak mu!!!!”

Untuk informasi lebih lanjut klik ajah di http://www.bpn.go.id

Penerimaan Pegawai Tugas Belajar pada STPN Tahun 2009
Ralat:

*semua teori diatas ternyata tidak sepenuhnya benar…..[harap maklum...teori itu dikisahkan oleh orang-orang yang udah putus asa...]

*yakin saja,bahwa setiap atasan pasti orangnya akan mengijinkan anak buahnya untuk tugas belajar.

*semangat saja….kalo hari ini belum ketrima..mungkin besok kesempatan akan mengetuk dipintu yang lain…

yang jelas, kita harus tetap semangat….!!!!!

248 thoughts on “INFO PENDAFTARAN DIV STPN YOGYAKARTA

  1. buat anak2 D1 hilangkan doktrin : ” d4 BUKAN SEGALANYA” …!!! msh ad tmpt kuliah yg ntinya bisa pyesuaian.
    ak aj nyesel ga kuliah dr awal, salah strategi.
    ne buat pelajaran aja bagi yg baca. Oche buw…!……(by. Dinny Harry)

  2. Wah, ga sopan ne anak, ada kata yang menyindirku yooooo….Buset dah,,,,Virus dementor mulai menjangkiti dirimu keknya…

    But, sekarang aq dah ga se optimis doeloe kug dek, tenang ajah, dan so pasti dirimu bakal jadi antek2 yang zuzah wat kul D4,,,hahahahahaha……

    Selamat bergabung dengan orang2 teraniaya dan terzolimi di sini….

    • ya bisa dibilang gampang-gampang susah….
      soal2nya siy ya gitu-gitu ajah….
      fisika ma matematika dasar….
      nah, kenapa gak dicoba ajah?
      daftar kesana….
      untuk info lebih lengkap,,….klik ajah di http://www.bpn.go.id
      oche?
      selamat berjuang…..(^^,)V

      • satu satunya cara,kita harus rajin bljr,
        agar kita tidak kesusahan untuk mempelajari pelajaran yang ditentukan,,

  3. .dhot..ku ini dpindah lg ke aceh barat.
    .lbih trpencil drpd aceh besar.
    .aplg liat aja tu meulaboh n calang di kabar tsunami dulu,wuh lumayan mengharukan.

    .kyknya bakal ditahan jg deh..huh.

    .tp tak apalah..namanya jg mengabdi..ckikik.

    .pasti tu smua klo kita niat sungguh2 mdh2an diberi kmudahan..hwaa.

    .LANJUTKAN perjuangan.

    • kaya’nya kita bakalan mengabdi lebih lama….
      sebelum akhirnya bisa menuntut hak kita untuk bisa melanjutkan sekulah ke jenjang yang lebih tinggi…..

      goodluck for all….

      keep fighting and struggling….

      • saya mau tanya, setelah lulus dr stpn itu kita langsung jd pns atau bagaimana? katanya kedinasan?

  4. klau syrat pndftran kyk ftocopy raport smster 2 kls 3 blm diksih dr skul, gmn?
    msi blh dftr pa tidak?

  5. sya mau tnya
    klau syrat pndftran kyk ftocopy raport smster 2 kls 3 blm diksih dr skul, gmn?
    msi blh dftr pa tidak?

    • iya pak dhika….
      kita mah cuma terima nasib ajah disini……
      kalo disitu gimana pak?
      adakah secercah harapan untuk bisa lanjut kuliah ke D4?

  6. @aL Mudaim: Sukses ya buat kamu juga…semoga bisa menyusul kita dibawah bendera BPN RI….amiin…..

  7. mbak,,,,,
    tanya,,,,,,
    pertama masuk pendidikan d1 di stpn pake seragam ap..

    trus di asrama itu ada fasilitas makan apa ndak…trus biaya asrama berapa…
    mksh,,,

    • Kita dulu pertama masuk asrama masih pake baju atasan kemeja putih, dan bawahan hitam…
      karena menunggu seragamnya jadi dulu..

      kita tinggal di asrama udah di sediakan makan pagi, siang, dan malam….
      jadi gak perlu keluar untuk cari makan lagi….
      biayanya kurang tahu ya…
      tiap tahun beda siy….

  8. memang gak bisa yah 2 tahun setelah masuk.. artinya setelah cpns dua tahun baru ikut ujian.. coz temen2 kan pada banyak terkendala umur… thx..

    • Waduh..biasanya itu kebijakan kanwil masing2..

      Saya juga gak gt paham..
      Saya sendiri setuju juga kalo 2th dr cpns ud bs ikut D4..
      Semoga yg tahun ini syaratnya dirubah deh..br saya jg bs ikut nimbrung..hehe…

  9. teh, minta soal2 stpn yang d4 dwnk, soalnya q mau masuk bgt.
    testnya gimana, sulit ga ?
    yang diterima nya berapa orang ?
    yang d4 tu langsung kerja ya dan langsung PNS ?
    tlong krimin soal2 nya ke alamat q. mau q pelajari.

    • Untuk yang D4, sebenarnya dikhususkan untuk yang udah 2tahun menjadi PNS BPN atau dari pegawai negeri dari instansi yang lain yang di tugaskan untuk tugas belajar…..

      Sebenarnya untuk yang pendaftaran dengan ijazah SMU (belum menjadi pegawai negeri) hanya bisa mendaftarkan yang D1 Pengukuran dan Pemetaan Kadastral ajah…..

      Lulusan D1 juga tidak langsung diangkat menjadi PNS, melainkan harus melewati seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil di lingkungan BPN RI dulu…..

      nah sebenarnya nanti ada PTK EXPO 2010..”Eksistensi Perguruan Tinggi Kedinasan”…Tgl. 8-9 Mei 2010 di STPN Yogyakarta….

      kamu bisa dateng kesana, karena nanti bakalan banyak lagi PTK2 yang mengadakan pameran…..semoga yang kamu pertanyakan bisa terjawab disitu….
      :D

      • hmm.. mba, ak pgn tw kl pndftaran D1 na untuk thn 2010 ini kpn yak?

        kmrn dtg ke stpn tata bumi ktana sekitar mei juni, tp ak pgn tw perkiraan tgl nya… tkt ketinggalan info :d. skr ak jd sering2 bk stpn.ac id sm bpn.go.id tp msh tkt klewat.. n tkt kl ternyata formulir nya ga ad di webnya(ambil lgsg k stpn). kta na yg pndftaran thn kmrn tu cm 2 minggu bukan? cpt amat tuh kl gt.. atuut ga kbagian, n ga jd kul deh :-(

        di web stpn ma bpn, bakal nongol dibagian mn nya c mba downloadan formulir na tu?

        Kl mba tw tgl pendaftaran D1 thn 2010 ni kr2 kpn nya.. mohon krm email ke izzywanted@yahoo.co.id ya mba… maturnuwun mba.. :-)

  10. pendaftaran mahasiawa baru buat tahun akademik 2010/2011 mulainya kapan y?tiap liat kq g ada informasi penerimaan???ap sudah tutup atau belum ada???mkth ;)

  11. mau tanya langkah2 pendaftarannya nech… soalnya masih bingung,,, aq dari kantah, apa cukup rekomendasi dari kakan setempat atau harus juga mendapat rekomendasi kakanwil setempat??? mohon penjelasannya…. thanks….

    • Sebenarnya saya sendiri kurang tahu teknisnya seperti apa, karena saya sendiri juga belum pernah ikut mendaftarkan diri masuk D4,
      tapi menurut pengalaman tahun lalu dari senior saya,
      mereka meminta ijin dulu ke kakan, setelah mendapat ijin dan rekomendasi, mereka juga meminta ijin dari kanwil setempat,…..
      kemarin dokumen pendaftarannya di kumpulkan menjadi satu di kanwil…baru dikirim ke pusat….

  12. kpn nich pndftaran stpn tuk 2010.?
    syarat2nya apa ja…..

    dsna pendidikane system ketarunaan jg ya….
    da syarat tinggi bdn g?

    • disana tuh yang jelas Asrama, untuk anak D1 harus tinggal diasrama…
      Taruna…iya….kita Taruna Bhumi….
      Trus tinggi badan, termasuk syaratnya…..

      untuk pendaftarannya memang sampai sekarang belum ada info lebih lanjutnya

  13. mau tanya nich…….. kok dah awal juli lom dibuka sie pendaftaran stpn?????
    kmaren katanya pertengahan juni….tolong dkasih tau ea….,makasie

  14. tanggal penutupanya buat pendaftaran itu kapan????
    tanggal pendaftaran ma bianyanya kok gak lengkap???
    brp??????????

    • Untuk D4 pembukaannya sudar dr bulan Mei kemaren..ditutup tgl.26 Juni2010..
      Untuk biaya memang tidak dicantumkan,karena biasanya setelah pengumuman lulus seleksi baru ada pengumuman daftar biaya kuliahnya..

      untuk program D1 pengumuman resminya mungkin baru akan dirilis tgl.19 juli ini,.

      pantau aja terus lewat situs resmi bpn di http://www.bpn.go.id ditanggal 19 juli ini..

  15. apa sich keuntungan kita msuk stpn dgn gelar D 1???

    apa setelah lulus nanti kita udah diangkat menjadi PNS???

    • keuntungan masuk D1 stpn,….
      1. kamu bisa belajar tentang Pengukuran dan Pemetaan Kadastral.
      2. di STPN lebih diutamakan prakteknya ketimbang teori, jadi kamu bisa lebih familiar dengan alat2 pemetaan, metode, serta bagaimana memecahkan masalah tentang pemetaan.
      3. setelah lulus, (hanya 1 tahun belajar) kamu dapet sertifikat “Asisten Surveyor Berlisensi”, dimana untuk lulusan pengukuran dan pemetaan dari Universitas yang laen musti ujian dulu untuk dapetinnya.
      keuntungan setelah mendapat sertifikat tersebut, kamu udah bisa membuka jasa di bidang pengukuran dan pemetaan kadastral tersebut (dgn syarat2 tertentu)

      lulus D1 = PNS……”tidak”
      seperti pertanyaan2 yang diatas2……..lulus D1 tidak menjamin anda juga langsung diangkat menjadi PNS….

      karena untuk menjadi PNS khususnya di BPN, anda masih harus mengikuti ujian test CPNS seperti pada umumnya…..

      dan seandainya anda bisa lulus tes tersebut sudah jelas dan barang tentu diangkat menjadi PNS….

      di STPN itu tidak men”dontrin” mahasiswanya agar setelah lulus harus menjadi PNS, toh sekarang banyak anak muda yang tidak mau menjadi PNS lantaran gaji yang terlalu minim…..

      karenanya anda juga bisa ikut bergabung dengan perusahaan swasta yang juga bergerak dibidang surveying…..

      semua pilihan ada ditangan anda…. :D Goodluck!!!

  16. Lha ni qm msh nglanjutin kuliah ato uda magang mb?klo msih magang d mna?
    Trus tu di asrama,qt bleh jalan2 kluar gt gag mb,?
    1 lg . Slama 1thn itu. Brp blan skali mb bleh pulang ke rumah?ato slama 1thn qt d asrama terus.
    Bles ya mb . Thx b4

    • saya udah bekerja……
      di asrama udah jelas boleh lah kalo cuman jalan-jalan ajah….tapi ada jam malamnya yang harus dipatuhi dan kalo menginap harus jelas kapan dan dimana (harus dapet IB=Ijin Bermalam)

      pulang kerumah….1 bulan kita dapet 2kali jatah IB, tapi kadang-kandang bisa juga lebih siy….heheheh…..setiap akhir minggu saya pulang….
      Jum’at sehabis apel sore pulang, malem senin balik ke asrama lagi…

      ada yang masih ditanyakan?

      • saya sudah bekerja, terkesan ambigu….
        ….saya lulusan D1 STPN angkatan X tahun 2005/2006, sekarang statusnya sudah bekerja…dan mengunggu dapet ijin untuk melanjutkan kuliah D4….amiin.. :D

    • Iya habis test ujian tertulis nanti ada test kesehatan, test fisik, dan tes wawancara..
      Utk test fisik/samapta:
      1. lari 12 menit: mampu brp keliling??
      2. push-up 1 menit: mampu brp x?
      3. sit-up 1 menit: mampu brp x?
      4. pull-up 1 menit: mampu brp x?
      5. suttle-run (lari membentuk angka 8) sbnyk 3x: mampu berapa detik? (dihitung kecepatan larinya brp detik)

      *semoga info dari saya berguna…..selamat menempuh ujian selanjutnya ya*

    • sepertinya mempengaruhi juga…
      karena kalo enggak pengaruh ya ngapain to dibikin acara test fisik segala?

      maksudnya siy bagus,
      karena memang D1 STPN itu kan butuh fisik yang kuat,
      soalnya lulusannya biasanya jadi petugas ukur,
      gak cuman didaerah kota, tapi di hutan, maupun di rawa-rawa juga…
      jadi emang penting banget liat stamina calon2 mahasiswa baru itu…
      makanya berusaha donk…banyak latihan dan lari…

      Goodluck

      • maaf mbk saya mau tanya…
        saya pnya cow dah kerja di BPN n ktnya dia ikut tes untuk program DI ini,saya g bs komunikasi ma dia krn hpnya ilang sesaat sebelum dia pergi,tp dia blgnya kok tesnya di jakrta ya mbk??
        saya coba cri info ttg nama2 yg dah ditrima tp nama dia g ada.nah apa nama yg dicantumkan itu cm nama2 calon mahasiswa yg baru lulus dr smu ato udah dengan yg awalnya emang udah kerja di BPN??
        dimana ya saya bs dapat informasi mengenai ini???
        trs apa klo dah di asrama g boleh bawa hp??
        trima kasih bnyk sebelumnya..

  17. mbk,maaf ganggu,ni aku lg..
    ni no hpku 081249993404
    klo mbk g keberatan klo dah bca commentku ni tlg sms ya..aku minta tolong bgt…
    mbk kan dah tau kondisi n kebiasaan disana,jd meskipun aku blm dapat kabar dari cowku ampe sekarang tp mungkin dengan tau dr cerita dr mbk tentang kondisi disana aku jd agak tenang sedikit.
    aku minta tolong bgt mbk…
    trima kasih bnyk sblmny…

    • dari cerita mbak tadi, kuk sepertinya agak-agak janggal ya?
      yang sama mau tanyakan dulu…cowok mbak yang kerja di BPN itu sebagai honorer atau udah jadi PNS ya mbak?

      -kalau masih honorer boleh jadi “Iya,..” dia mendaftar sebagai calon maba D1 STPN.
      -kalau udah PNS seharusnya dia mendaftar di program D4 dan bukan D1, itu sudah jelas.

      untuk test sepertinya semua dilakukan di jogjakarta.hanya untuk Indonesia bagian timur aja yang sebagian testnya dilakukan disana.

      nama-nama itu adalah nama calon mahasiswa dari umum (smu), kalau cowok mbak tadi masih honorer di BPN, kemungkinannya ya ikut daftar tersebut, tanpa kecuali.

      untuk tinggal di asrama jelas boleh memakai hp, karena disana kan tidak memakai sistem militer atau sesuatu yang berbau kaya gitu…

      mungkin….kalau memang sudah masuk masa ospek maba memang tidak boleh memakai hp, tapi setelah ospek selesai sudah bisa memakai hp-ny lagi.

    • saya sendiri sebenarnya belum pernah nengok secara langsung maupun tidak langsung PTK expo tersebut….
      tapi yang saya tau….PTK expo itu diadakan untuk lebih mengenalkan berbagai PTK yang ada di Ind ini kepada masyarakat umum,.,,,khususnya untuk lebih menarik para calon mahasiswa baru…
      nanti sebaiknya kalo ada PTK expo lagi…kamu maen-maen ajah kesana….itu juga untuk umum kuk…..

  18. oke mbak nanti takpantau waktunya di webnya.=)

    mbak tanyak lagi nii ,, kalo boleh tau mbak asalnya mana sihh terus sekarang ditugasin dimana ??
    emang kalo d1 harus nerusin ke d4nya stpn ya mbak ya?? kok gak dari ptn lain ke s1 kan bsama aja bisa naik golongannnya kan mbak?apa sih bedanya??

    • Saya asalnya Bantul, Yogyakarta….alhamdulillah udah 2 tahun ini ditugasin di Sungailiat, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

      1# Gak semua D1 harus masuk ke D4…..
      seperti saya dan beberapa teman yang lain juga memutuskan untuk kuliah di universitas negeri maupun swasta yang ada di daerahnya masing-masing…..

      Tergantung sama person-nya siy menurut saya…..

      2# yak betul……misal kita D1 trus S1 diluar STPN…kita masih bisa naek golongan….*syarat dan ketentuan berlaku ya…..*
      Cuma….istimewanya D4 STPN……lulus dari sana Golongannya udah langsung naek…
      misal pas terakhir bekerja dengan ijazah D1-nya masih gol.II/b…trus lanjut kuliah di STPN…lulus disana otomatis golongan langsung naek ke gol.III/a

      Sedangkan untuk kita yang mendapatkan ijazah S1 dari luar, harus mengikuti ujian penyesuaian dulu……

      3# ini ada group-nya Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia….
      http://www.facebook.com/nondiana#!/home.php?sk=group_170272149679417&ap=1
      klik ajah…kalo gak ketemu di search ajah mungkin bisa….kamu bisa tanya2 disana…dan disana gak cuma ada STPN…tapi masih banyak PTK-PTK yang laen….

      Goodluck :D

  19. makasiihh mbak .. jauhh bgt to mbak? ckckck

    mbak sekarang masih mau ke d4 nya stpn ?

    nanya lagi mbak? apakah lulus dari STPN mbak langsung ikut seleksi di BPN ya ? apa langsung nerusin S1?

    oke mbak.

  20. mbak mau nanya, emangnya kalau mau masuk di STPN tu SMA.ny harus di jurusan IPA? Trus nanti kalo udah lulus kerjanya ngapain aja?
    mkasih,

  21. huaa mbak, membantu, eh ‘lumayan’ ding :D hehe.
    mbak nya dulu belajar buku-buku apa aja mbak pas mau test? dianjurkan kesana ni ama saudara -_-

    • wah kalo dulu saya baca-baca buku fisika sama Matematik saja….
      soalnya pas itu ujian masuknya cuma fisika sama Matematika…
      kalo untuk yang sekarang ya…semuanya dibaca….ada pengetahuan Umum-nya juga soalnya…
      :D

    • hemmm…itu cuma dari kacamata saya saja…
      kalo dari pengalaman-pengalaman teman-teman saya yang laen,
      enak dan mudah kuk mau masuk D4…

      Well…ya…
      hanya tergantung dari Kantor kita masing-masing siy…(*kalo soal ijin belajarnya*)

      Klo susah dalam hal soal-soalnya…
      saya belum pernah ikut ujiannya,…
      jadi belum tahu mudah atau susah soal-soalnya… :D

    • saya D1-nya angkatan 10, lulus tahun 2006.
      tahun kemaren sebenernya sudah mencoba ikut,
      tapi karena beberapa alasan yang setengah tidak masuk akal….
      terpaksa ya menyerah sebelum bertanding….
      jadi…secara teknis saya belum pernah ikut ujiannya….hehehhe….

  22. mbak kalo tes fisik buat yg cewek apa aja??
    oiya,kalo pas ospek digalakin ga mbak? kayak semi militer gitu ga mbak pas ospek?
    eh mbak,fb nya kok ga bisa di add sih??
    bales ya mbak,butuh info ni. makasih ;))

  23. Waah blognya menambah informasi.. ♏ªÜ nanya nih.. Mas aku kan daftar D1 pengukuran, nah pas aku daftar online tepat ngisi di kolom nmr tlpn tertulis lengkap cth (021)262xxx tetapi setelah di cetak form. Nya menjadi (021)262xx jadi 5 digit mungkin karena kepenuhan, itu bagaimana ya mas kasus nya? Sedangkan tanggal 18 juli ini pengumuman berkas dan belum tau cara mengumumkan nya gmana, takut nya melalui telp. Trims

  24. Mas aku kan daftar D1 pengukuran, nah pas aku daftar online tepat ngisi di kolom nmr tlpn tertulis lengkap cth (021)262xxx tetapi setelah di cetak form. Nya menjadi (021)262xx jadi 5 digit mungkin karena kepenuhan, itu bagaimana ya mas kasus nya? Sedangkan tanggal 18 juli ini pengumuman berkas dan belum tau cara mengumumkan nya gmana, takut nya melalui telp. Trims

  25. Upppps maaf admin nyaa wanitaa toh hehehe sorry yaa mbak, tapi bener2 bagus cerita yang diataaas, mbak jangan lupa dijawab yaa pertanyaan punya ku hihi maturnuwun

    • wah maaf ya dek…
      telat saya jawabnya…

      saya sebenernya cuma ngasih informasi saja, kalau hal-hal tentang teknisnya saya kurang tahu…

      maaf ya…

  26. Oh gitu yaa mbak, hmm kalau menurut mbak gimana tuh kalau kasus nya kaya saya? Dulu waktu tes D1 nomor telpon pengaruh nggak mbak?
    Iyaa gpp kok mbak, eh sebelum makasi mbak admin :)

  27. makasih mbak infonyaa ;D
    sebenernya masih banyak yg mau aku tanyain mbak. enakan lewat fb apa twitter gitu. tp itu fb nya mba kok ak buka ga ada tulisan add as friend nya. sama message nya jg ga bisa di klik huhu :(
    kalo boleh mba add fb saya dong dieankaka@yahoo.co.id
    makasih banyak mba :)k infonyaa ;D
    sebenernya masih banyak yg mau aku tanyain mbak. enakan lewat fb apa twitter gitu. tp itu fb nya mba kok ak buka ga ada tulisan add as friend nya. sama message nya jg ga bisa di klik huhu :(
    kalo boleh mba add fb saya dong dieankaka@yahoo.co.id
    makasih banyak mba :)

  28. makasih mbak infonyaa ;D
    sebenernya masih banyak yg mau aku tanyain mbak. enakan lewat fb apa twitter gitu. tp itu fb nya mba kok ak buka ga ada tulisan add as friend nya. sama message nya jg ga bisa di klik huhu :(
    kalo boleh mba add fb saya dong dieankaka@yahoo.co.id
    makasih banyak mba :)

  29. mbak mau tanya lagi nih/ kalau d1 tes kesehatan nya meliputi apa aja yaa mbak? kalau masalah gigi behel itu perlu dicopot nggak ya mbak?

  30. Mbak, please answer my question,
    misalkan diterima D1 di stpn, trus bisa gak jadi PNS bpn tanpa tes??
    apa harus ikut tes cpns gitu??
    Mbak jadi PNS dari honorer trus diangkat jdi PNS atau ikut tes CPNS??

    • harus ikut tes CPNS dulu dek….
      Saya dulu juga begitu…..ikut tes dulu….
      Kalau sekarang sudah tidak ada lagi pengangkatan CPNS dari tenaga honorer dek….
      Jadi semuanya emang harus tes dulu…
      Begitu… :D

    • tidak…
      dan untuk D4 pendaftaran dibuka hanya untuk yang sudah menjadi pegawai BPN…minimal masa kerja 2 tahun PNS… :D

      untuk D1 pendaftaran dari umum..jadi tetap saja..kalau dari umum tidak bisa mendaftar untuk jenjang yang D4..

      terima kasih :D

    • untuk D1 bayar…soalnya dari umum…
      tahun 2005 kemaren (waktu saya kuliah disana) kira-kira 1 tahun habisnya 11jt-an kalau gak salah…#agak lupa juga saya soalnya…
      biasanya ada kok dek di pengumuman pendaftarannya…
      biayanya berapa-an…

    • untuk syarat pendaftaran tahun 2012 saya belum tahu..karena belum ada pengumuman yang resmi dari STPN sendiri…

      Harap sabar…biasanya pengumuman penerimaan mahasiswa baru berbarengan kok dengan universitas2 yang lain..
      :D

    • yang D1 hanya kedinasan..bukan ikatan dinas…
      jadi emang kalau lulus D1 masih harus ikut ujian PNS dulu…

      kalau yang D4 ya…ikatan Dinas..soalnya statusnya kan pegawai BPN yang tugas kuliah disana… :D

      • hoo,, tp waktu magang g ikut tes dlu kan mbk?
        langsung d kirim k kantor” sama sekolahnya kan ??
        ato cari t4 kerja sendiiri?

  31. Mbk maw tnya, setelah lulus D1 kan katanya langsung magang kerja, kira kira gajinya sekitar berapa ya? Trima kasih. Blas.

    • ada yang magang di kantor-kantor pertanahan…ada yang ngikut proyek di swasta..
      kalau magang…ya tergantung…orang kantor itu ngasihnya berapa…
      gak ada patokan gaji…soalnya namanya juga magang…

      kalau mau lebih banyak pengalaman saya sarankan ikut swasta saja.. :D

  32. Mbk maw tnya, setelah lulus D1 kan katanya langsung magang kerja, sblm brstatus PNS ,kira kira magang kerja gajinya sekitar berapa ya? Trima kasih. Blas.

  33. Mbak. . kalo misal kita udah lulus D1 STPN itu, Lokasi penempatan kerjanya milih sendiri apa sudah ditentukan oleh pihak STPN?

    • tidak selalu ada…
      contohnya saja…tahun 2007 kemarin tidak ada penerimaan cpns untuk BPN…
      tahun 2011 dan 2012 ini sepertinya juga tidak ada penerimaan cpns…
      :D

  34. Ass
    Pak/buk Чªπğ brsangutan sama STPN Yogjakarta,, saya mau bertanya kpan ya diadakan pembukaan tes untuk masuk akademi STPN tahun 2012/2013 inin??
    Di tnggu blsan nya se cepatnya..

    • wa’alaikum salam…
      Wah sebenernya saya ini tidak bersangkutan dengan STPN ya dek…saya hanya sharing info saja…jadi saya tidak bisa memberikan info yang akurat…

      Untuk yang tahun ini belum ada informasi kapan pendaftaran akan dibuka…
      tapi tahun kemarin, pendaftaran dibuka mulai tanggal 30 Mei sd 30 Juni 2011 secara online melalui website http://www.stpn.ac.id

      kemungkinan tahun ini ya sekitaran bulan-bulan itu saya rasa…
      Terima kasih

  35. Mbk untuk lolos test CPNS D1 PPK di lingkungan BPN tu sulit pa gk? Trus antara pndftr sama formasinya kira2 brpa bnding brpa?

    • Standart tes masuk pegawai di semua instansi saya rasa…bisa dibilang tergantung “keberuntungan” anda….
      untuk formasi tiap tahun berbeda..jadi saya tidak bisa memberikan prosentase kemungkinan lolosnya…terima kasih

    • wah…saya kurang tahu ya…kalau masalah itu..
      biasanya siy, kalau yang gak ketrima PNS masih tetep ngelanjutin magang di kantor2 setempat….
      yang lainnya kuliah lagi…
      tergantung opsi masing-masing siy… :D

  36. asslmlkm….
    mf mbak…. mau nnya.. buat pljaran yg di test’in itu matematika ma bhs. inggris aja??? trus kalo pengetahuan umumnya apa aj mbak???
    mf mbak sy kurang ngrti soalnya..

  37. mbak maw nnya..
    maw msuk d1 stpn nilai mnimal matematika,a brp sh?
    kalo nilai sya krang masi bsa msuk ga?

  38. mbak, kalo jurusan IPS apa bisa daftar? soalnya saya dpt info klo yg D1 taun 2011 itu syaratnya harus IPA bener ga? trus klo yg ips bisa daftar yg apa?

  39. Mbak mau minta informasi mengenai syarat penerimaan calon mahasiswa baru thun 2012 itu apa aja,(syarat utama)…:)
    apa harus jurusan IPA,kerena saya sendiri sekarang di jurusan IPS tapi ketertarikan saya sangat tinggi untuk lanjut ke univ ini…
    mohon jawabannya…

  40. maaf,saya mau bertanya, saya sudah kunjungi website resmi stpn, tapi saya tidak mendapatkan informasi yang lengkap mengenai tata cara mendaftar d stpn… kapan ya di bukanya penerimaan calon mahasiswa baru stpn?

  41. ohhh…ya,, selain pertanyaan saya di atas, saya mau tanya, apakah tes fisik itu juga berlaku untuk para cewek?..?

  42. mau nya kapan ya d buka pendaftaran STPN nya…
    soalnya ndk sabaran ne mau cpeta” daftar d StPN. dan bgaiman cara kita daftar dan temapt pendaftaranya apkah d kota sendiri ataw kita lngsung ke yogja????
    makasih ya mbak tolong d reply…

  43. mba misalkan kita udah lulus D1 terus mau lanjut S1 ,cuma perguruan tinggi negri atau swasta mana yg sesuai dengan jurusan D1 pengukuran?

      • assalamu’alaikum.mf mba mau tanya.
        kan ada batasan ndaftar yg online tgl 6 juli sm yg krim berkas lewat pos kn btas ahir ygl 11 juli.laa itu ngirim uang pendaftaran’a tgl 9 juli bisa ga ka?

  44. di web stpn kok ga ada jadwal waktu pelaksanaan tes jam berapa gitu … soalnya rumah jauh juga dari jogja . mohon bantuannya ..

  45. kalo dari D 3 administrasi,,, bisa ikut D4 g? Pk ijazah SMA. n bt karya tulisnya d buat saat tes r gmana?
    mohon penjelasannya kak,,, trimakasih

  46. assalamualaikum.. mau nanya mbk
    kalau masuk STPN kira-kira bsa gx lewat jalur SNMPTN??? cuma mau meyakinkan aj :)
    thx :)

    • sekarang belum dibuka pendaftrannya…dan mata minus boleh..tolong dibaca koment2 diatas…karena biasanya pertanyaannya sama….dan jawaban saya juga sama…thx

  47. mba mau nanya.. tinggi dan brat badan minimumnya brapa kalo mau msuk stpn..? trus test fisik untuk cewek apa aja..?

  48. Mbak mau tanya..kalo daftar STPN itu pakai ukuran tinggi badan+berat badan tdk?dan buka pendaftaran STPN kapan?
    pendaftaran lewat mana?
    akku pngen banget masuk STPN…terimakasiih

  49. kak. gaji lulusan d1 STPN sekitar berapa sih kak? aku pengen masuk sana kak. tolong dijawab ya kak untuk pertimbangan :) makasih kak

  50. ka saya sekarang DI angaktan 2013, mau nanya ,perusahaan swasta yg gunakan jasa surveyor itu apa2 saja dan gimana cara kita dpt informasi tentang lowongan dari perusahaan swasta tersebut ? trimakasih
    Tolong di jawab ka’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s